Home Kendaraan Scania Kembangkan Truk Hidrogen untuk Angkut Sampah

Scania Kembangkan Truk Hidrogen untuk Angkut Sampah

48
0

GOTHENBURG — Scania dan Renova sedang mengembangkan truk sel bahan bakar (fuel cell) untuk mengangkut sampah. Truk ini akan memiliki powertrain dan compactor terelektrifikasi.

Pengembangan truk berbahan bakar hidrogen ini disebabkan truk sampah biasanya beroperasi di kawasan perumahan di awal pagi hari sehingga kendaraan rendah suara dan tanpa emisi akan sangat menarik.

Renova sendiri sebagai perusahaan pengolahan limbah telah mengoperasikan beberapa truk listrik, namun inilah menjadi pertama kalinya menggunakan truk sel bahan bakar.

“Elektrifikasi menggunakan sel bahan bakar yang dipicu oleh hidrogen adalah alternatif yang sangat menarik untuk kendaraan komersial berat seperti truk sampah,” kata Hans Zackrisson, Kepala Pengembangan Renova. “Truk mendapatkan keuntungan dari semua kelebihan elektrifikasi sambil mempertahankan beberapa aspek terbaik dari operasi bahan bakar fosil, yaitu jangkauan, jam dalam layanan dan muatan.”

Proyek pengembangan ini pun bekerjasama dengan Swedish Energy Agency and Stockholm’s Royal Institute of Technology. Truk hidrogen ini akan dikirim ke Renova pada akhir 2019 atau awal 2020. [Itn]